Home » » Cerita Tentang Jogja : Saat Cemara Menjadi Goa

Cerita Tentang Jogja : Saat Cemara Menjadi Goa

Posted by Blog Amri Evianti on Wednesday, 27 February 2013


banner Giveaway: Cerita tentang Jogja.
Sumber Banner :http://begawanariyanta.wordpress.com

Perjalananku di Yogyakarta ibarat perjalanan yang tak akan pernah ada ujungnya. Setiap ujung Yogyakarta menyimpan keindahan yang tak akan pernah ada habisnya. Perjalanan ini merupakan salah satu dari perjalananku selama di Yogyakarta, untuk perjalanan kali ini, aku bersama pasukan bermotor dari kelas satu angkatan waktu kuliah dulu.

Pagi itu, tepatnya hari minggu, untuk tanggal aku agak lupa tapi untuk tahun sekitar tahun 2011-an.Mentari bersinar dengan mesra, mengajak siapapun untuk terus menjelajahi isi Yogyakarta ini dengan setia. Yaa, sesetiaku dan para sahabat yang akan menuju ke sebuah Goa yang unik, Goa ini bukan sebuah Goa yang terletak di bawah tanah seperti Goa pada umumnya, namun Goa ini terletak di di atas permukaan tanah daerah Bantul yang merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta. Tepatnya di dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta.
Perjalanan kami dimulai tepat pada pukul 06.00 Wib, kami menelusuri jalan dari pusat Yogyakarta yang mulai penuh sesak, karena banyaknya pengendara sepeda motor yang akan memulai aktivitasnya. Tiga puluh menit telah berlalu motorku masih melaju menelusuri liku demi liku lintasan jalan menuju arah Goa yang bukan sembarang Goa. Hingga kami sampai di area persawahan warga Bantul, hamparan padi yang mulai menguning menambah keasrian alam Yogyakarta ini. Angin laut mulai menerpa kulitku dengan ramahnya. Menandakan jika Goa yang kami tuju akan semakin cepat kami nikmati.
Sumber Gambar : http://www.pasirpantai.com/
Semilirnya angin di tengah teriknya mentari yang mulai menari-nari dari ufuk timur, membuat kami semakin terlena dengan perjalanan ini. Tidak lama kemudian kami disuguhi dengan pemandangan deretan pepohonan yang lebih mirip seperti hutan mini di sepanjang perjalan menuju Goa yang akan kami tuju. Hingga  lima belas menit  kemudian, mataku  benar-benar dibuat takjub oleh deretan pohon cemara yang jaraknya hanya beberapa meter saja dari tempat aku memarkirkan motorku dan motor beberapa kawanku.
Ya.... di depan kami kini ada ratusan atau bahkan ribuan batang cemara, tepat pada tengah-tengah deretan hutan cemara itu membentuk sebuah lorong yang menyerupai pintu goa, dan aku hanya berdecak kagum dan bergeming,” oh ini yang disebut dengan GOA CEMARA”
Sumber Gambar : http://alternatifwisata.blogspot.com

Goa Cemara, julukan dari masyarakat sekitar,tempat ini juga  belum terlalu sering dijamah orang, buktinya hanya beberapa pasang sosok manusia yang ada di lokasi ini. Dan kami merupakan pengunjung terbanyak, bayangkan ada sekitar 12 motor yang kami bawa dan kami berboncengan, bisa dikalikan sendiri ya?
Perlahan namun pasti aku dan rombongan mulai menuju Goa Cemara itu, pandanganku tak pernah lepas menyapu habis seluruh batang demi batang pohon cemara itu bahkan helai demi helai daunnya.  Betapa indahnya dan beruntungnya Yogyakarta memilikimu wahai Goa Cemara.
Sumber Gambar: http://alternatifwisata.blogspot.com
Sekitar 10 menit kami menjelajahi Goa Cemara ini, hingga mataku bertemu dengan pancaran sinar matahari yang menerobos celah-celah Goa Cemara ini, apakah kalian tahu? Pemandangan apa yang aku lihat? Hamparan pantai dan butiran pasir menyambut kami dengan eloknya. Deburan ombak menambah ramai tempat yang berada di sudut tanah keraton ini. Tak henti-hentinya aku mengagumi alam Yogyakarta ini, ketika sepanjang pantai selatan ini dipagari oleh hutan cemara atau lebih tepatnya digerbangi Goa Cemara. 
Awalnya, sekitar tahun 2000 penduduk setempat memikirkan cara “memecah angin” untuk mencegah pengikisan pasir pantai. Mereka memilih tanaman cemara udang (casuarina equessetifolia) yang mampu menahan angin dan badai serta dapat hidup di pesisir pantai. Para masyarakatpun bekerja bakti melakukan penanaman ribuan bibit cemara, dan memeliharanya dengan tertib, hingga akhirnya membentuk hutan seperti yang anda lihat disana ketika anda mengunjungi pantai ini. Selengkapnya di  http://www.pasirpantai.com/jawa/jawa-tengah/pantai-goa-cemara-bantul-yogyakarta/
Sumber Gambar: http://twicsy.com

Ahh, begitu sayangnya jika tempat seindah ini menjadi tersisih hanya karena  jauh dari pusat kota atau bahkan belum menyadari jika tempat ini begitu indah, seindah rinduku yang akan tersimpan rapi saat kakiku harus meninggalkan tanah keraton ini.Jika seluruh lokasi wisata Yogyakarta sudah anda kunjungi, maka sangat disayangkan jika anda tidak mengenal tempat ini atau bahkan tidak sekalipun mengunjunginya. Semoga catatan ini bisa sedikit memberi informasi tentang Goa Cemara, agar tempat indah ini semakin nyata dikenal oleh para wisatawan lokal maupun asing.
Pada akhirnya di antara ribuan batang cemara ini, ingin ku sampaikan padamu satu arti tentang keindahan dan ketenangan. Teduhnya Goa Cemara ini mengajarkan kita untuk senantiasa memberi keteduhan pada siapapun yang ada di dunia ini. Gagahnya ombak pantai Goa Cemara ini mengajarkan kita akan keberanian untuk menjalani apapun yang ada dalam perjalanan kita pada hari ini bahkan esok hari. Selamat menggali keindahan tanah Yogyakarta kawan, dan semoga masih ada waktu untuk merasakan keteduhan Goa Cemara Bantul, Yogyakarta.  
#Tulisan ini diikutsertakan dalam  Giveaway Cerita Tentang Jogja Deadline 28 Februari 2013
Catatan tambahan : mohon maaf fhoto yang ditampilkan bukan photo perjalanan asli saya, dikarenakan file fhoto yang tidak ada ditangan. Tertinggal di Jogja bersama kenangan indah itu, semoga cuplikan fhoto di atas bisa mewakili cerita tentang Goa Cemara.
di Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. - See more at: http://alternatifwisata.blogspot.com/2012/07/menerobos-eksotisme-pantai-goa-cemara.html#sthash.3f3zDjff.dpuf
di Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. - See more at: http://alternatifwisata.blogspot.com/2012/07/menerobos-eksotisme-pantai-goa-cemara.html#sthash.3f3zDjff.dpuf


5 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasinya,
    artikel ini sudah tercatat dalam daftar peserta.

    ReplyDelete
  2. @Begawanariyanta: Terimakasih juga atas kesempatannya :)

    ReplyDelete
  3. walau aku di Jogja, aku belum pernah ke sini >.<
    terima kasih udah bagi cerita, seruuu!

    ReplyDelete
  4. @Arga Litha: maiinnn ya nengg ke Goa itu, kalau perlu print tulisan ini hehe,,sebagai panduan :)

    ReplyDelete
  5. Pemenang Giveaway: Cerita Tentang Jogja sudah saya postingkan. Silakan lihat di blog saya. Matur Suwun.

    ReplyDelete

Komentar apa aja deh yang penting nggak SPAM, sok kenal juga nggak apa, saya juga suka sok kenal ma blogger lainnya hehe
Terimakasih dan selamat datang kembali.

Translate

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}