Home » » Ciri Khas Makanan Solo : Manis

Ciri Khas Makanan Solo : Manis

Posted by Blog Amri Evianti on Friday, 11 September 2015

Kurang lebih satu tahun silam, saya dan 3 teman guru lainnya untusan dari sekolah saya yang langsung mendapat pembinaan dibawah Kemendikbud langsung, dalam program SMP Berbasis Pesantren mendapat kesempatan untuk mengikuti Workshop Pendidikan Nasional yang diselenggarakan di Solo selama 1 minggu, tepatnya di Kusuma Sahid Prince Hotel. Sebuah hotel yang konon katanya merupakan kediaman salah satu raja di Solo yang pada akhirnya dijadikan hotel yang beberapa bangunannya sudah ada penambahan dan masih ada yang asli dari bangunan awal. Di hotel ini saya tidak akan menceritakan dengan detail proses workhopnya tapi saya akan menceritakan tentang proses isi perutnya alias hidangan yang ada di hotel ini dan sekitarnya. kwkwkw.

Saya dan rombongan tiba di hotel sekitar jam 11.00 Wib siang, sampai di sana kami mengurus beberapa administrasi lalu disambut dengan aneka hidangan khas Solo, yang bentuknya apa saja saya lupa tapi yang paling saya ingat adalah rasanya.Mau tau apa saja rasanya teman? yang paling terasa di lidah saya hampir semua sayur ataupun lauk yang berbumbu semua berasa MANIS, kecuali nasi putih dan sop. Duarrrrr gimana bisa begini rasanya, lidah saya dan khususnya teman rombongan dari sekolah kami yang berada di Kabupaten Sarolangun yakni salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jambi tidak terbiasa dengan menu makanan yang isinya manis, tapi lebih terbiasa dengan aneka sayur atau laiuk yang ada perpaduan antara asin, gurih dan pedas, hampir rasa manis tak ada. Berhari-hari kami lalui dengan memakan yang baru di perut kami dan kami sempat menemui salah satu peserta yang berasal dari Kalimantan rela makan hanya dengan nasi putih saja tanpa lauk karena tidak terbiasa dengan menu solo yang identik dengan manis *makanya orang solo lembah lembut dan manis-manis ya kwkwk*  Hingga tiba suatu hari kami memutuskan untuk mencoba mencari makanan di luar hotel, dan lagi-lagi meski berbentuk sambal semuanya manis-manis. Akhirnya saya dan teman-teman tetap memutuskan untuk makan *hahai iyalah masak mau kelaparan* singkat cerita Workshop usai dan saya pulang kampung, dan tiba saatnya saya terkena gangguan pencernaan tidak masuk sekolah selama seminggu setelah workshop dari Solo, perut ini memang tidak bisa diajak kompromi setiap kali saya mengikuti worksop di luar kota*uhukkk luar kota gayanya* selalu saja setelahnya akan sakit, ampuni saya ya Allah.


54 komentar:

  1. Begitu, y? Kayaknya kalau daku yang ke Solo cocok deh.. Suka makanan manis, soalnya. Hihi
    Nah mungkin kalau sudah sering ke luar kota, nanti mah bakal bersahabat sama yang baru. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe saya kalau tempatnya cocok-cocok aja mbak, makanannya itu lho yang harus masak sendiri hehe, iya mbak semoga aja hehe

      Delete
  2. Nama hotelnya mirip aku hahaha..

    Aku juga kurang cocok sama masakan yang manis manis.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, besok buat hotel namanya Arum Kusuma Princess Hotel hehehe, sama dong hehe

      Delete
    2. kalo pake namaku kayanya cocok mba :)

      Delete
    3. Waduh Mas Wong, kasihan yang baca kalau pakai nama Wong Crewchild hehe nulisnya aja repot saya kwkwkw

      Delete
    4. Iya semoga bisa juga diriin hotel pake nama biar ntar lebih terkenal.. hahaha..

      Wah kayaknya jodoh nih.. #eeh! -_-

      Delete
    5. Gimana kalo di tambah nama aku :)

      Delete
    6. Mas wong cemburu niiee...wkwkwkwk

      Delete
    7. mas DOnal aheee boleh-boleh :) kwkwkw

      Delete
  3. Replies
    1. ehmmm yang pengalaman lihat cewek manis di Solo hehe

      Delete
  4. Yah mungkin kurang terbiasa aja dengan menu makanan di solo mba, mangkannya di bilang manis smua, soalnya kampung saya di solo :D, kalau orangnya manis baru saya percaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas Ahmad kurang terbiasa hehehe, hiaaaahhhh yang manismanis hehe

      Delete
  5. Kalo ada waktu pengen ke Solo jalan-jalan biar bisa nikmati makanan2 unik dan enak disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh Mas, tinggal siapin pesawatnya nanti saya dan keluarga di jemput ya hehe

      Delete
  6. Serius itu Mbak, kalo udah jalan-jalan ke luar kota suka sakit perut? Waaah gak enak juga dong ya, kalo perut saya selalu baik-baik aja ya dengan makanan asin, gurih, pedas, hehe, dan walaupun makanan yang manis ya.. hehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duarius malah hehehe, ayo atuh mainan ke sini nanti saya masakin yang nano-nano hehehe

      Delete
  7. Saya juga pernah ke Solo mbak ke kebun teh sama ke Jumog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata kebun teh bukan hanya di puncak bogor aja ya, Jumog tuh nama tempat kah?

      Delete
  8. apalagi kalau sambil lihat senyum mbak amri,,, pasti lebih manis tuh jhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahahahahaha jadi senyam senyum hihihihi

      Delete
  9. mbak coba ada fotonya, mantep banget sudah itu, ngiler dipagi hari wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu nggak sempat dan kepikiran ambil fhoto udah keburu makan hehehe

      Delete
  10. ciri khas makanan nya manis ya mba hmm gak ada yang pedas sekali pun mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sekali nggak ada, kecuali kalau kita langsung makan cabai dari batangnya hehehe

      Delete
  11. aku kurang suka makan yang manis-manis sukanya yang pedes :)

    ReplyDelete
  12. foto-foto makanan solo'a mana nih mba? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lupa kali mas soalnya keburu makan jadinya ga sempet foto.

      Delete
    2. iya bener udah kelupaan karena ketemu yang manis-manis hehehe seperti mbak nandira tuh hehe

      Delete
  13. ya begitulah mbak, tapi jangan kapok main kesolo lagi ya :-)
    sekalian mampir ke boyolali biar ngerasain soto rumput :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak lah kalau kapok apalgi gratisan hehehe, wahh rumput apaan itu Mas ;)

      Delete
  14. Jadi ingat makanan di kampung halaman kami Mbak, semuanya serba manis

    ReplyDelete
  15. aku beberapa minggu yang lalu waktu ke solo, makannya emang cenderung manis hehehe asik juga sih dilidah nyicip sensasi baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mungkin kalau sudah setahun biasa jadinya mbak hehehe

      Delete
  16. semuanya manis sampe sambelpun bukannya pedes tapi manis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget mas Irwin hehehe, sambel kan harusnya pedes kwkwkw

      Delete
  17. Sayangnya gak disertain fotonya ya :) Gpp Bu Evi makan yang manis - manis biar tambah manis, daripada pedes - pedes nanti judes loh, hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang bingit hehehe, saya emang terkenal judes karena suka makan pedes huahahah

      Delete
  18. faktor kebiasaan orang tiap daerah berbeda dlm mengolah makanan jadi mungkin perlu adaptasi untuk masalah rasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar ani, apalgi di Indonesia ini yang mempunyai beraneka resep makanan hhehee

      Delete
  19. saya malah belum ngerasain masakan solo mbak, walaupun banyak teman orang solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba deh mbak, pasti manis-manis hehehe

      Delete
  20. Klo aku justru kbalikannya suka yg manis manissss
    Tp bis tu biasanya mam yg gurih pengene

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya mbak Gusty manis banget hehehe

      Delete
  21. aku belum pernah ke solo, aku kira identik dengan pedas, soalnya pernah beberapa kali ke daerah jawa pasti rasa nya pendes makanan nya, kalo di daerah saya khususnya mama saya, kalo masak suka aga manis, padahal enak kalo kata saya, tapi namanya juga beda lidah ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dikasih gula sedikit tidak terasa manis mbak,tapi lebih ke gurih tapi mbak yang di solo ini bener-bener dominan manisnya

      Delete
  22. iya ya sambal di solo jogja juga gak ada pedasnya, rasanya manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalaumau pedas ambil cabainya langsung dari pohonnya ya kang Muhae hehehe

      Delete
  23. Kayaknya nggak cuma Solo, kak, hampir semua daerah di Jawa Tengah cenderung kuat di rasa manis. Kalo nemuin makanan gak manis, berarti itu lupa ngasih gula :D

    ReplyDelete

Komentar apa aja deh yang penting nggak SPAM, sok kenal juga nggak apa, saya juga suka sok kenal ma blogger lainnya hehe
Terimakasih dan selamat datang kembali.

Blog Review Daikin AC

Translate

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}