Home » » Resep Sambal Terong Bakar

Resep Sambal Terong Bakar

Posted by Blog Amri Evianti on Wednesday, 9 September 2015

Hai-hai saya kembali lagi, kali ini tidak tentang pohon tanpa buah atau buah tanpa pohon ya? tapi kali ini saya membawa Sambal Terong Bakar, mungkin ini bisa menjadi pelengkap menu makan sahabat semua atau bisa jadi koleksi resep aneka sambalnya. Berhubung kita akan membuat sambal terong maka bahan utamanya adalah terong, terong merupakan sayuran yang mempunyai manfaat banyak, diantaranya terong mempunyai serat tinggi jadi bisa membantu dalam hal pencernaan, terong juga konon katanya bisa mencegah diabetes dan masih banyak lagi *maaf takut nggak pada percaya kalau semuanya saya sebutkan hehehe*Dalam sayur terong juga mengandung kalsium, zat besi dan nutrisi phyto yang sangat dibutuhkan oleh otak *ngomong-ngomong untuk kandungan dan aneka manfaatnya itu aja dulu ya, takut nggak jadi nyambel* berikut resep sambal terong bakarnya:

  • Siapkan Terong 1 hingga 2 buah ukuran sedang, saya sarankan terong ini terong yang ukuran panjang bisa terong berwarna ungu atau yang hijau, lalu cuci terong dalam keadaan utuh.
  • Siapkan panggangan, lalu panggang terong hingga kulitnya berubah menjadi kecoklatan atau hitam.
  • Setelah terong di bakar, kupas kulit terong dan sisihkan terong yang sudah dikupas.
  • Siapkan cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi *secukupnya* lalu digoreng dalam wajan berisi minyak jangan lupa tutup saat menggoreng agar cabai tidak meletup-letup.
  • Setelah cabai dan kawannya matang, giling pada tempat penggiling cabe tradisional kalau didaerah saya namanya cowek. jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. 
  • Setelah cabai dan kawannya halus, masukkan terong untuk digiling bersama cabai tadi.
  • Lalu siapkan wajan dan minyak sayur sedikit saya untuk menggoreng sambal terong bakar tadi dengan diberi kecap sesuai selera.
  • Sambal terong bakar siap dihidangkan.
Gimana? belum pernah ya buat sambal kaya' gitu? kini saatnya buktikan bahwa kalian pecinta sambal dalam negeri, murah meriah *kini terong bukan barang murahan, sekilonya aja sempat mencapai 9.000* dan sehat lagi. Selamat mencoba!


29 komentar:

  1. Enak gak tuh ya Mbak sambal terong bakar, soalnya saya belum pernah coba dan malah baru denger lo.. Enak mana sama sambal gowang? hehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka mempunyai keunikan di lidah masing-maisng kang Diar, hehe enak sih menurutku sambal terong bakarnya, sambal gowang juga nggak kalah kok lezatnya*jadi nelen ludah nihh. cob aja dirumah resep ini, itung-itung pengiritan hihaha

      Delete
    2. Iya siiippp Mbak Amri.. jadi patut dicoba ya sambal terong bakarnya.. :)

      Delete
  2. wah kesukaan saya banget nih mbak, saya paling demen kalau makan sambal terong ini, langsung saya coba deh resp sambal terong bakarnya, tapi istri yang tak suruh masak, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha sama dong dengan suami saya, suka sekali dengan sambal terongnya......hehehe selamat menikmati

      Delete
  3. untuk lebih menarik bisa dikasih gambar hasilnya mbak, hasil sambal terong bakarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus iya ya kang, tapi kemarin sambalnya udah habis duluan, jadi mungkin kapan-kapan hehehe

      Delete
  4. mana gambar sambalnya? mau tengok juga mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cik gu, gsambalnya udah habis, e baru ada ide nulis hehe

      Delete
  5. wah pohon tanpa buah, jadi hiasan dong wkwk, enak banget ini sambel terong mbak, belum pernah ngerasain terong yang dibakar, pernahnya yang digoreng dulu :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe hiasan plus penyejuk hehe, coba deh mas ganteng dicobaik resepnya di rumah hehe

      Delete
  6. terong di cabein, hmm sayangnya aku tak suka sambal, menurutku itu menjiijkan, tapi selera ortang beda beda, biarlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sebagian orang akan mengatakan terong di uleg sanagt menjijikkan, tampilan tak selamanya sama dengan rasa kang Muhae hehehe bener selera beda-beda tapi tetap indonesia jua hehe

      Delete
  7. Gimana klo terongnya terong2an dan cabenya cabe2an? Mantep kali tuh. Haha.
    Syangnya aku tdak suka Tae Ryoeng (baca: Terong. Dikorea2in dikit biar keceh. wkwk) Yg suka bkin terong balado sih nenekku, krna dia diabet. AKu gapernah nyicipin, aneh ah, lembyek2 gmn gtu:| Sambel terong apalagi:') Cowek? Aku nyebutnya ulekan. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mantep lagi teh lulu tapi malah nggak jadi makan kwkwkw, wahhh Tae Ryoeng jadi raja di sini teh, coba deh cicipin dan neneknya dibuatin smbal terong bakarnya, meski lembek rasanya nggak lembek lho tapi hot markohot, kalau saya ulekan itu yang dipegang buat nguleg sambelnya hhe

      Delete
  8. Kebetulan di rumah lagi masa sambal goreng terong, Tapi terongnya tidak di bakar... Tapi saya tidak terlalu suka sama terongnya, ngambil sambalnya aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehmmm, yang komen di sini lebih banyak yang nggak suka terong ya hehehe

      Delete
  9. sambalnya saya suka, tapi terong'a ga suka
    apalagi kalo terong dicabein hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambal itu enak dan penuh dengan sensasi tetapi akibatnya juga pnuh sensasi

      Delete
  10. hhmmm...HOT kayaknya sambal terong buatan Evi, kayaknya suaminya bakal ketagihan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HOt markohot dung ding dung, ketagihan pake banget

      Delete
    2. super duper dech kalau makan ada sambal terong.

      Delete
  11. Waduh sambel :-D
    i like it,, boleh dibuatin gak mbak?? Haha

    ReplyDelete
  12. makanan favorite saya tuch mbak selain jengkol disemurin :-)

    ReplyDelete
  13. oh jadi kulitnya dikupas ya? biasanya bikin sambal terong, tapi terongnya digoreng

    ReplyDelete

Komentar apa aja deh yang penting nggak SPAM, sok kenal juga nggak apa, saya juga suka sok kenal ma blogger lainnya hehe
Terimakasih dan selamat datang kembali.

Translate

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}