Home » , » Yuk Mencicipi Variasi Sambal Populer Khas Indonesia

Yuk Mencicipi Variasi Sambal Populer Khas Indonesia

Posted by Blog Amri Evianti on Monday, 15 February 2016

Sumber Gambar:www.vemale.com

Kamu suka menyantap sambal?
Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai sambal sebagai pelengkap aneka hidangan. Persediaan cabai yang melimpah sepanjang tahun membuat pembuatan sambal jadi tidak sulit. Variasi sambal khas Indonesia juga sangat beragam dan istimewa.

Membuat sambal di rumah ternyata tidak sulit lho. Apalagi kalau kita sudah memiliki perabot dapur yang canggih dari MatahariMall. Sistem belanja online to offline yang diterapkan MatahariMall membuat kita tidak perlu berlama-lama menunggu barang pesanan. Tinggal memesan barang melalui situsnya, selanjutnya barang pesanan tersebut dapat diambil di cabang Matahari Department Store terdekat.
Sekarang kalau sudah punya perabot dapur keren dan canggih, yuk membuat 5 variasi sambal populer berikut ini :

Sambal Kecap
Jenis sambal yang ini sangat mudah dibuat. Cukup menggunakan irisan cabe rawit yang ditambahkan dengan kecap manis dan jeruk nipis sesuai selera. Untuk menambah citarasa, irisan tomat dan bawang merah juga bisa ditambahkan pada sambal kecap. Jenis sambal ini cocok untuk disajikan dengan sate atau mendoan (tempe goreng).

Sambal Lado Ijo
Sambal yang dikenal dengan nama sambal hijau ini berasal dari Padang. Sambal lado ijo terbuat dari cabe hijau besar, cabe rawit, bawang merah, dan tomat hijau yang dicampur jadi satu kemudian dihaluskan. Butuh waktu yang cukup lama untuk memasak sambal lado ijo sebab campuran sambal yang dihaluskan harus dimasak supaya tahan lama.

Sambal Dabu-Dabu
Citarasa segar merupakan ciri khas sambal dabu-dabu. Cara membuat sambal dabu-dabu sangat praktis. Irisan cabe rawit hijau, cabe rawit merah, tomat, dan bawang merah dicampur menjadi satu dan diberi air perasan jeruk nipis. Sebagai penambah aroma, kita juga bisa menambahkan potonan daun kemangi. Sambal dabu-dabu segar siap dihidangkan untuk melengkapi ikan bakar.

Sambal Kacang
Menyantap nasi uduk tak lengkap rasanya tanpa tambahan sambal kacang. Campuran kacang tanah goreng, kemiri, cabe merah, cabe rawit, garam, gula, dan air dibutuhkan untuk membuat sambal yang satu ini. Haluskan semua bahan menjadi satu untuk mendapatkan sambal kacang yang kental dan mantap.

Sambal Terasi
Inilah primadona sambal di seantero nusantara. Sambal terasi yang terbuat dari cabe merah, cabe rawit, terasa, tomat, garam, dan gula. Sambal terasi juga kerap diolah untuk campuran tumis kangkung serta jenis tumis sayuran lainnya lho.

Jangan ngaku pecinta sambal kalau belum pernah mencicipi 5 sambal populer tersebut. Gunakan jumlah cabai sesuai selera supaya menyantap nasi dengan sambal dan lauk lainnya jadi semakin sedap.


12 komentar:

  1. Semua sambal sambal diatas ane suka suka :D
    paling mantap makanya pas pulang kerja gitu.. wiiihhh ..

    ReplyDelete
  2. Ayo hunting fhoto di Jambi Eksapedia nanti dibuatin sambal terasi.

    ReplyDelete
  3. kalimat ini yang paling saya suka,Inilah primadona sambal di seantero nusantara. Sambal terasi yang terbuat dari cabe merah, cabe rawit, terasa, tomat, garam, dan gula.saya cinta berat sama sambal terasi,mengingatkan kampung halaman je

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kampung halamannya di mana bang? Saya juga seneng banget ma sambel satu ini hehehe

      Delete
  4. Waaaah. Aku baru tau itu sambel namanya sambel dabu-dabu, Mbak. Dan iya, sambal terasi memang primadonanya sambel. Juaraaaaaaaa! Makan pake nasi doang tanpa lauk aja menurutku udah maknyos. Hohohoho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak siniain, nanti saya sambelin terasi, saya punya terasi asli rembang lho heehe

      Delete
  5. Sambel bawang, sambal mangga, sambal terasi semua aku suka hahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga suka semua kang heheehe.

      Delete
  6. Sambal trasi itulah yang menjadi idamanku. Rasanya sungguh nikmat. Ada rasa asin dan amisnya itu yang menjadi kelangenanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baunya terasi emang memikat asal nggak jadi parfum aja hehee

      Delete
  7. Mba Amri ini bikin aku lapar aja..hahaha..sedap bingiiiiitttzzz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan-makan biar gemuk hehehe salam sambal ya kang hehe

      Delete

Komentar apa aja deh yang penting nggak SPAM, sok kenal juga nggak apa, saya juga suka sok kenal ma blogger lainnya hehe
Terimakasih dan selamat datang kembali.

Translate

.comment-content a {display: none;}