Home » , , » Mengenal Palembang Lebih Jauh Melalui Cita Rasa

Mengenal Palembang Lebih Jauh Melalui Cita Rasa

Posted by Blog Amri Evianti on Wednesday, 1 November 2017

                     (sumber : limakaki.com)
Sebagai kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan, Palembang sering kali menjadi tujuan para turis berlibur. Kota ini memiliki jembatan Ampera yang terkenal dengan keindahannya, serta wisata kuliner yang terkenal mantap rasanya. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi tentang kuliner khas Palembang, berikut adalah beberapa makanan yang wajib Anda coba.
1.     Pempek
Siapa yang tidak kenal pempek? Ya, makanan berbahan dasar ikan ini memang berasal dari Palembang. Pempek sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda menurut bentuk, isi, tekstur, dan cara pengolahan pempek.
Ada pempek lenjer yang berbentuk panjang, pempek kapal selam yang berisi telur, dan pempek kulit yang terbuat dari kulit ikan. Jika dikumpulkan, ada puluhan jenis pempek dan turunannya.
Sering kali, para pendatang tidak tahu bahwa jenis seperti tekwan, adaan, lenggang, dos, laksan, dan celimpungan adalah model turunan dari pempek Palembang. Kuah yang digunakan pun beragam, dari mulai kuah cuka, kuah kaldu bening, kuah santan kuning, hingga kuah santan pedas tergantung model pempeknya.
2.     Burgo dan Lakso
Burgo adalah bubur khas Palembang yang terbuat dari adonan tepung beras dan memiliki tekstur yang mirip dengan kwetiau. Bubur ini biasanya berkuah santan pedas dan sering juga didampingi dengan pempek laksan dan telur rebus. Setelah ditaburi bawang goreng di atasnya, burgo cocok dimakan untuk sarapan.
Ada jenis lain dari burgo yang hampir mirip, yaitu lakso. Bahan dasar lakso sama dengan burgo, namun lakso memiliki bentuk yang lebih menyerupai mi. Kuah yang digunakan pun lebih mirip kuah opor berwarna kuning. Biasanya, lakso sering disandingkan dengan celimpungan yang memang berkuah santan kuning.

3.     Pangsit Ikan
Sama seperti pangsit pada umumnya, pangsit ikan dimakan bersama kuah kaldu bening seperti kuah bakso. Jika seringnya kita menemui pangsit berisi ayam, di Palembang pangsit ini diisi dengan ikan tenggiri. Unik, bukan?
Biasanya, pangsit ikan kuah ini dimakan bersama bihun atau juga tekwan. Kuah bening juga bisa dicampur dengan sambal hijau terutama bagi Anda penyuka rasa pedas.
4.     Sambal Tempoyak
Memakan nasi dengan durian? Pasti tidak terbayangkan bagi Anda yang belum pernah menemui sambal tempoyak sebelumnya. Di Palembang, sajian sambal tempoyak adalah pendamping nasi yang terbuat dari buah durian. Namun memang, makanan ini sekarang sedikit susah dicari.
Jika beruntung, Anda bisa menemukan beberapa produksi rumahan yang masih membuat sambal tempoyak. Penduduk Palembang sendiri sering memakan sambal ini bersama pindang ikan atau dengan nasi hangat saja.
5.     Es Kacang Merah
Sajian ini sebenarnya akan sering Anda temui selama berkeliling di Kota Palembang. Namun, Anda harus mencari rekomendasi restoran mana yang menjual es kacang yang lezat karena tidak semua es kacang merah bercita rasa sama. Terbuat dari bubur kacang merah, susu kental manis, serta es yang diserut, sajian ini sangat cocok dimakan di tengah teriknya matahari.

Hemat Anggaran Berlibur di Palembang

Dengan banyaknya wisata kuliner dan alam di Palembang, tentunya Anda perlu mengatur pengeluaran berlibur agar sesuai dengan anggaran Anda. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan mencari hotel murah di Palembang. Untuk itu, Anda bisa mengunduh aplikasi Airy Rooms di ponsel Anda atau mengunjungi situs airyrooms.com untuk memesan kamar.
1.     Pangsit Ikan
Sama seperti pangsit pada umumnya, pangsit ikan dimakan bersama kuah kaldu bening seperti kuah bakso. Jika seringnya kita menemui pangsit berisi ayam, di Palembang pangsit ini diisi dengan ikan tenggiri. Unik, bukan?
Biasanya, pangsit ikan kuah ini dimakan bersama bihun atau juga tekwan. Kuah bening juga bisa dicampur dengan sambal hijau terutama bagi Anda penyuka rasa pedas.
2.     Sambal Tempoyak
Memakan nasi dengan durian? Pasti tidak terbayangkan bagi Anda yang belum pernah menemui sambal tempoyak sebelumnya. Di Palembang, sajian sambal tempoyak adalah pendamping nasi yang terbuat dari buah durian. Namun memang, makanan ini sekarang sedikit susah dicari.
Jika beruntung, Anda bisa menemukan beberapa produksi rumahan yang masih membuat sambal tempoyak. Penduduk Palembang sendiri sering memakan sambal ini bersama pindang ikan atau dengan nasi hangat saja.
3.     Es Kacang Merah
Sajian ini sebenarnya akan sering Anda temui selama berkeliling di Kota Palembang. Namun, Anda harus mencari rekomendasi restoran mana yang menjual es kacang yang lezat karena tidak semua es kacang merah bercita rasa sama. Terbuat dari bubur kacang merah, susu kental manis, serta es yang diserut, sajian ini sangat cocok dimakan di tengah teriknya matahari.

Hemat Anggaran Berlibur di Palembang
Dengan banyaknya wisata kuliner dan alam di Palembang, tentunya Anda perlu mengatur pengeluaran berlibur agar sesuai dengan anggaran Anda. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan mencari hotel murah di Palembang. Untuk itu, Anda bisa mengunduh aplikasi Airy Rooms di ponsel Anda atau mengunjungi situs airyrooms.com untuk memesan kamar.
Kamar Airy memiliki keunggulan dengan tujuh standar kenyamanan yang ditawarkannya. Ketujuh kenyamanan tersebut berupa: kamar dan tempat tidur yang bersih serta nyaman, kamar mandi di dalam dengan penghangat air, pendingin ruangan, TV berlayar datar, perlengkapan mandi gratis, air minum serta koneksi Wi-Fi gratis selama menginap.
Dengan ketujuh kenyamanan tersebut, pastinya Anda akan lebih betah berlibur di Palembang terutama jika Anda memiliki banyak tujuan wisata dalam rencana liburan Anda. 


1 komentar:

  1. Sesungguhnya Palembang lebih dari sekedar mpek-mpek... Emang enaknya kalo ke palembang itu kulineran, yes mbak...aku bisa kalap kalo main ke palembang.. makan muluk abis itu tepar... hahahah

    ReplyDelete

Komentar apa aja deh yang penting nggak SPAM, sok kenal juga nggak apa, saya juga suka sok kenal ma blogger lainnya hehe
Terimakasih dan selamat datang kembali.

Blog Review Daikin AC

Translate

.comment-content a {display: none;}